HISTORY of JUNIOR HIGH SCHOOL STATE 3 BATANG


Pada tahun 1976 adalah tahun pertama yang penuh tantangan bagi sejarah pendidikan, sebab ditahun itu mulai meledak minat maasyarakat khususnya anak-anak sekolah untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi, sehingga banyak anak-anak yang tidak tertampung. Dengan kondisi seperti ini, maka timbul gagasan baru dari SMP Negeri Batang untuk menambah lokal (kelas) yang dipimpin oleh Bapak Yunan Thoha.



Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan didorong oleh kemampuan yang luhur, maka Pemerintah Orde Baru yang dipimpin oleh Bapak Presiden Soeharto, dengan pijakan UUD 1945 pasal 31 yang berbunyi :



Ayat 1 : Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran


Ayat 2 : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur UU.



Dengan berpijak dasar tersebut diatas, maka lahirlah SMP Negeri di Batang yang diresmikan oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tanggal 9 Maret 1977, pada waktu itu dipimpin oleh Bapak Sarip Thoyib.



Adapun perkembangan SMP Negeri 3 Batang adalah sebagai berikut :


Pada tahun 1976 SMP Negeri Batang mendirikan SMP Baru yang bertempat di Dracik dan bernama SMP Negeri Batang Filial Dracik, dengan luas tanah 4.387,11 m2. Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap yang dimulai dengan 4 lokal, dan pada waktu itu masih menginduk di SMP Negeri Batang sejumlah 3 kelas.



Sedangkan tahun 1977 dibangun 4 lokal lagi, dan pada tahun itu juga pindahlah murid-murid yang ada di SMP Negeri Batang ke SMP Negeri Batang Filial di Dracik. Pada tahun 1978 lengkaplah SMP Negeri Filial dari kelas I sampai kelas III.



Pada Tahun 1979 / 1980 SMP Negeri Batang Filial mulai mengajukan permohonan kepada Kantor Wilayah Departemen P dan K Propinsi Jawa Tengah untuk mandiri. Akhirnya mendapat persetujuan dengan surat nomor : 0189/0/79 tanggal 13-9-1979 SMP Negeri Batang Filial Dracik Menjadi SMP Negeri 2 Batang yang mana segala sesuatu administrasinya dikelola oleh Kepala SMP Negeri Batang yaitu Bapak Yunan Thoha.

Berdasarkan Surat Kawat dari Kanwil Dep. P dan K Propinsi Jawa Tengah No. 328/T/03/T.80 tanggal 5 Maret 1980 memutuskan bahwa Bapak Sumarno selaku Kepala SMP Ngeri Limpung diangkat sebagai Kepala SMP Negeri 2 Batang.



Berhubung di Kota Batang sudah ada SMP Negeri 2 Batang, maka SMP Negeri 2 Batang diganti menjadi SMP Negeri 3 Batang, dan turunlah Ralat dari Menteri P dan K RI No. 4005/B/I-F/80 tanggal 18 Desember 1980.



Maka pada tanggal 18 Desember 1980 tersebut resmilah SMP Negeri Batang Filial berubah menjadi SMP Negeri 3 Batang.

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP