INFORMASI TERBARU SMP NEGERI 3 BATANG BERADA DI WEBSITE RESMI SEKOLAH, KUNJUNGI www.smpn3batang.sch.id

CYBERSPACE

Batang, 7 Nopember 2011

HATI-HATI DENGAN TEMAN DIFACEBOOK

Beberapa orang peneliti dari University of British Columbia baru saja melakukan penelitian terhadap tingkah laku para pemilik akun di Facebook. Dari penelitian tersebut, mereka mengatakan bahwa kemungkinan pemilik akun untuk ditipu dengan sebuah program Bot cukup tinggi.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan tersebut menggunakan sebuah program bernama socialbots, sebuah program yang dapat bertingkah laku seperti layaknya orang yang sedang online. Selanjutnya, menggunakan software tersebut para peneliti membuat tak kurang dari 102 akun, 49 laki-laki dan 53 perempuan. Lalu akun zombi tersebut mereka operasikan selama delapan minggu.

Dalam kurun waktu tersebut, mereka mengirimkan lebih dari 8500 permintaan teman secara random. Hasilnya, lebih dari 3000 orang menerima permintaan tersebut. Selanjutnya, akun zombi tersebut dapat memperoleh informasi pribadi dari 3000 akun Facebook.

Namun ternyata fenomena ini tak berhenti di situ. Pemilik 3000 akun facebook tersebut total memiliki jaringan lebih dari 1 juta orang teman. Tentu saja software bot tersebut bisa mengumpulkan data pribadi dari 1 juta orang tersebut, dengan catatan para pemilik akun tersebut memberikan akses kepada ‘friends of friends’.

Secara keseluruhan, penelitian ini memperoleh data pribadi dari 35 persen yang berasal dari jaringan langsung. Selain itu, terdapat pula 24 persen data lainnya yang berasal dari jaringan sekunder.

Lalu apa dampaknya? Mungkin anda akan bertanya tentang hal ini. Selain untuk mengumpulkan data pribadi, bot ini juga dapat digunakan untuk melakukan manipulasi opini publik dalam skala besar, dan menyebarkan sebuah propaganda. Jadi nampaknya anda harus cukup berhati-hati ketika menerima permintaan teman di Facebook.

Info sebelumnya____________________________________________________________________
Batang, 28 Oktober 2011

DOMAIN CO.CC DIBLOKIR OLEH GOOGLE


Domain co.cc diblokir oleh Google dari semua hasil pencarian (deindex), karena Google menganggap website co.cc menyebarkan spam, virus, worm dan mayoritas memiliki konten berkualitas rendah.

Domain co.cc diblokir google

InfoTeknologi menyadari hari ini (30 Juni) bahwa semua ‘domain co.cc diblokir’ atau mengalami deindex dari semua hasil pencarian Google.

Didorong rasa penasaran kami menelusuri masalah ini di Google Webmaster forum, dimana sudah banyak pemilik domain co.cc mengalami de-index oleh Google.

Akhirnya Info Teknologi mendapatkan penjelasan kenapa Google memblokir domain co.cc. Matt Cutts, head of webspam team di Google menjelaskan perihal domain co.cc yang diblokir lewat update status di akun google plus:

Kami (red: google) benar-benar mencoba untuk menjadi granular (fleksibel), tapi saya ingin menyebutkan jika kami melihat sebagian besar situs pada website gratisan tertentu menyebarkan spam dan memiliki konten berkualitas rendah, kami berhak untuk mengambil tindakan pada freehost (red: co.cc) secara keseluruhan. Saya pikir para ahli / orang yang mengerti SEO akan memahami ini sepenuhnya, tapi saya pikir lebih baik berkomunikasi daripada tidak berkomunikasi sama sekali.

Intinya Google menilai ‘domain co.cc’ memiliki reputasi yang buruk di internet karena sebagian besar kontennya berisi worm, spam, maupun virus. Dan Google memutuskan untuk memblokir domain co.cc secara keseluruhan.

Co.cc dikenal orang sebagai layanan domain gratis, namun yang tidak diketahui banyak penggunanya adalah sebenarnya mereka hanya mendapat akses ke subdomain saja, sehingga bila domain co.cc diblokir Google maka semua subdomain co.cc akan otomatis terkena blokir juga.
Berikut penjelasannya:
  1. Co.cc berbeda dengan .com, .co.id atau co.uk karena domain ini adalah second-level hierarchy main domain.
  2. Co.cc memiliki second-level hierarchy .cc, sama halnya dengan infoteknologi.com yang memiliki second-level hierarchy yaitu .com
  3. Situs Co.cc kebanyakan orang, misal: nico.co.cc memiliki pangkat yang sama dengan nico.infoteknologi.com
Tindakan Google membakar lumbung untuk mengusir tikus, berakibat buruk bagi website co.cc yang memiliki konten orisinil / menarik sekaligus juga membuat kesal semua blogger / pemilik website ber subdomain co.cc yang sudah mencurahkan usahanya untuk membangun website mereka.

Belum ada pengumuman apakah Google akan membatalkan tindakan pemblokiran co.cc atau tidak, karena tanpa Google dimana lagi orang dapat menemukan website mereka ?

Info sebelumnya____________________________________________________________________

7 Etika Menggunakan Facebook


detikinet


Beberapa waktu lalu muncul kasus pria membunuh istrinya karena sang istri mengubah status di Facebook menjadi single. Kasus lain, meski tak seekstrim itu, bisa muncul kapan saja hanya karena situs jejaring semacam Facebook. Lantas bagaimana meminimalisir hal ini terjadi? Beberapa ‘etika’ Facebook yang dikutip detikINET dari Msnbc berikut mungkin berguna bagi Anda.

1. Status hubungan Anda adalah keputusan bersama pasangan

Jangan pernah mengubah-ubah status hubungan Anda jika tidak didasari kesepakatan bersama antara Anda dan pasangan. Banyak kasus buruk terjadi akibat seseorang merubah statusnya secara sepihak. Jangan lupa, teman-teman Anda atau teman pasangan Anda bisa mengetahui hal ini dengan cepat.


2. Berteman dengan teman dari sahabat Anda pun ada etikanya

Ketika ingin berteman dengan teman sahabat Anda di Facebook, jangan lupakan keberadaan teman Anda yang di sini berperan sebagai ‘penghubung’. Katakan dari siapa Anda mengetahui profil mereka. Anda tak mau dicurigai sebagai sales bukan?

3. Siapkan diri ketika berteman dengan seseorang yang pernah berkencan dengan Anda

Sebelum Anda melakukannya, lebih baik Anda siap mental dulu. Beberapa status yang dia tulis bisa jadi membuat Anda cemburu. Dibutuhkan kedewasaan untuk melakukan hal ini. Namun jika Anda tidak ambil pusing, lakukan saja.



4. Jangan banjiri profil dengan foto, video, dan komentar yang berkaitan dengan gagalnya hubungan Anda

Hal itu sepertinya tidak pantas dilakukan di Facebook. Jika Anda ingin minta simpati, teleponlah teman Anda, jangan bertanya pada orang-orang di dunia maya, apalagi di Facebook yang diakses banyak orang. Anda malah bisa dipermalukan.



5. Jangan curhat dan buka rahasia di Facebook

Jika Anda ingin curhat dan sejenisnya, lebih baik Anda tidak melakukannya di Facebook. Gunakan saja e-mail, telepon atau lakukan saat sedang makan bersama teman Anda misalnya. Masih banyak fasilitas lain bukan? Anda tentu tidak ingin rahasia Anda diumbar oleh orang yang tidak bertanggungjawab.



6. Kenali Perbedaan antara Wall dan Message

Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadi Anda sebaiknya tidak usah terlalu diekspos. Kalimat seperti “I luv u soo much baaabyy.. I Can’t wait too see 2neit”, mungkin akan lebih cocok jika ditulis di message.



7. Jangan sekali-kali Membuat profil Palsu

Mungkin terlintas di benak Anda untuk membuat akun palsu mantan pacar yang telah menyakiti Anda. Kemudian, Anda posting hal-hal buruk tentangnya. Tentu saja, jangan pernah benar-benar melakukan hal ini. Jika aksi Anda ketahuan, orang-orang malah bisa memberi cap negatif pada Anda.


Intinya adalah jangan umbar banyak informasi tentang diri Anda apalagi yang bersifat pribadi. Anda tak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi ke depannya. Ingat, dunia maya meski menyenangkan tetap penuh dengan risiko dan juga orang-orang jahat.

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP