INFORMASI TERBARU SMP NEGERI 3 BATANG BERADA DI WEBSITE RESMI SEKOLAH, KUNJUNGI www.smpn3batang.sch.id

PROBLEM SOLVING


HILANGKAN GENUINE PADA WINDOWS XP dan WINDOWS 7

Hilangkan Genuine Windows pada Winsdows Xp

Apabila Windows yang kita pakai mengalami Genuine Windows yang sering muncul di awal memulai startup windows. Tentunya kita semua ingin tau donk, kenapa hal tersebut terjadi?
Genuine Muncul karena terjadi update dan tidak sengaja pengguna mengikuti perintah yang diberikan oleh windows, karena ngertinya cuma Yes dan No aja. Jadi diikutin aja deh perintahnya, ternyata malah update windows.


Gimana supaya Genuine Windows gak muncul lagi, dan membuat jengkel. Begini caranya :

  1. Buka Task Manager dengan Ctrl+Alt+Del
  2. Matikan proses yang bernama “wgatray.exe”
  3. Restart/reboot komputer dan masuklah ke dalam safe mode
  4. Pada safe mode, buka registry editor ato regedit melalui menu Run. Ketik regedit kemudian enter
  5. Pada regedit, carilah HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\microsoft\windowsNT\CurrentVersion\Winlogon\Notify, kemudian hapus folder/directory “WGALOGON”
  6. Restart kembali komputer seperti biasa…

Sampai disini sebenarnya sudah merupakan titik aman, namun jika ingin mematikan atau menghilangkan semua file Genuine tersebut, bisa cari dan delete tempat file berikut:

C:\WINDOWS\system32\WgaLogon.dll
C: \WINDOWS\system32\WgaTray.exe
C:\WINDOWS\system32\LegitCheckControl.dll

Udah pada tau...?
Berikutnya jika terjadi pada windows 7 ikuti cara dibawah ini,


Hilangkan Genuine Windows pada Winsdows 7

Pengalaman menggunakan windows 7 memang terkesan menarik karena tampilannya yang menawan dan transparannya stylenya. Sehingga memiliki kecerahan dalam menggunakannya. Namun tidak disangka jika windows 7 yang kita gunakan terkena Genuine Advantage atau lebih disingkat WGA.

Setelah dipelajari dan di pahami cara penanggunalannya cukup berbeda, sampai saat belum ada cara penanggunalanganya dengan menggunakan registry, namun penanggulanggannya menggunakan Aplikasi Remove WGA Windows 7, aplikasi tersebut terkenal dengan nama RemoveWAT v2.2.5.2.

Aplikasi tersebut cukup ampuh dalam menghilangkan WGA pada windows 7, dan sudah dicoba dan berhasil, sehingga tampilannya yang tadi seperti ini:

Alhasil setelah menggunakan aplikasi/software RemoveWAT v2.2.5.2, dekstopnya kembali normal seperti sedia kala tanpa ada muncul WGA pada waktu Startup dan pada dekstop. Sedangkan untuk menggembalikan dekstop sesuai yang diinginkan ada tinggal mengubahnya saja.
Hal ini memang harus diperaktekan dan diterapkan agar kita mampu menangani jika suatu saat terjadi hal yang sama pada windows 7 yang kita gunakan.

Link downloadnya bisa langsung ke 4shared = download disini.


Info sebelumnya _______________________________________________________________________________________________

MENGATASI INTERNET FLEXI SERING PUTUS SENDIRI

Kalau kita menggunakan Flexi untuk internetan dan mengalami masalah dengan sering putusnya koneksi internet flexi, tidak usah khawatir, berikut ini ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Mau tahu ...?

Internet menggunakan Flexi kalau sinyalnya drop, maka akan sering terjadi putus koneksi ditengah jalan. Putusnya koneksi internet flexi ini biasanya terjadi ketika internet dalam keadaan tidak terakses ( tidak digunakan untuk browsing, chating, dll).

Berikut Trik Mengatasi Internet Flexi yang Sering Putus Sendiri :
1. Masuk ke START => RUN
2. ketikkan di RUN : ping www.yahoo.com -t -l 1
3. Tekan enter.
Biarkan tampilan itu, jangan ditutup, di minimize aja .....


Info sebelumnya _______________________________________________________________________________________________

CARA MERAWAT LAPTOP (NOTEBOOK-NETBOOK)

Kita akan mengulas tentang Cara merawat Laptop yang baik. Dengan Perawatan yang Baik, maka Laptop akan menjadi lebih awet dan tahan lama.... OK mari kita simak bersama ....


Disadari atau tidak, sebagian besar di antara kita punya perilaku buruk dalam hal kepemilikan benda atau barang. Apa itu? Lalai dalam hal perawatan. Seringnya kita hanya menggunakan barang tersebut, namun malas untuk menelusuri bagaimana seharusnya barang itu dirawat atau dipelihara. Alasannya macam-macam, mulai dari merasa tidak punya waktu, dasarnya memang malas, atau karena kurangnya pengetahuan secara lengkap tentang perlunya perawatan

Jika memang demikian, lantas apa dan bagaimana seharusnya kita memperlakukan laptop agar senantiasa tetap dalam kondisi top? Berikut ini ada beberapa tips, yang harus dan jangan dilakukan atau setidaknya dihindari para pengguna laptop agar kinerja laptop tetap sempurna meski telah lama digunakan.


Perhatikan kondisi suhu

Laptop atau notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Di antaranya, suhu yang terlalu ekstrem, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin, bisa mengganggu kinerja atau bahkan merusak laptop. Oleh karena itu, hindarkan kebiasaan meninggalkan laptop di dalam mobil yang diparkir di bawah terik sinar Matahari. Hindari pula laptop berada di bawah sorot langsung sinar Matahari. Umumnya para produsen merekomendasikan suhu antara 5 - 35 derajat Celcius. Sementara itu, untuk ketinggian laptop direkomendasikan bekerja pada ketinggian di bawah 2.500 meter di atas permukaan laut.


Menyimpan laptop

Bila Anda akan menyimpan laptop dalam waktu lama (satu minggu lebih), sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum atau isi baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.


Hindari medan magnet

Untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar laptop. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telefon selular. Seandainya Anda ingin mengakses internet menggunakan fasilitas inframerah pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.


Mematikan dengan benar

Jangan pernah mematikan laptop saat lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Kondisi ini menunjukkan hard disk masih aktif. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat laptop dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Pastikan lampu indikator harddisk telah mati sebelum Anda men-shutdown laptop.


Tancapkan ke stabilizer listrik

Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.


Hindari permukaan terlalu empuk

Jangan letakkan laptop ketika menyala di tempat dengan permukaan yang terlalu empuk seperti sofa atau kasur, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop serta menjadikan laptop kepanasan.


Engsel lcd monitor

Kalau diperhatikan dengan seksama, di dalam lipatan antara CPU dan monitor LCD terdapat engsel yang memungkinkan kedua komponen itu dikatupkan satu sama lain. Perlu disadari bahwa beban terberat dalam suatu laptop adalah pada bagian engsel tersebut. Oleh karena itu, jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan laptop. Demikian juga sebaliknya, jangan menutup monitor terlalu keras ketika selesai menggunakan komputer jinjing tersebut.


Jangan membongkar laptop.

Membongkar sendiri laptop atau bukan oleh ahlinya, merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop tidaklah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke IT atau service center dari laptop Anda.


Perawatan program

Perawatan program semacam software aplikasi, memang tak kalah pentingnya dan hendaknya dilakukan seminggu atau sebulan sekali. Tujuannya, agar data tidak rusak atau hilang. Selain itu, agar tidak berhadapan dengan masalah program ketika kita tengah berada dalam perjalanan. Perawatan program tersebut meliputi hard drive, pasang antivirus, dan harddisk.


Ketika menjalankan program yang meninggalkan file temporary, hard drive pasti menerima file yang tidak diperlukan. Untuk itu, bersihkan hard drive dari file-file tersebut minimal satu bulan sekali agar laptop bisa bekerja lebih baik. Dianjurkan menggunakan program-program disc clean up yang juga sudah tersedia di sistem operasi seperti Windows.


Untuk perawatan pemasangan antivirus, bisa dilakukan dengan cara menginstal software antivirus pada laptop. Selalu perbarui data definisi virus untuk mengantisipasi virus terbaru. Hampir 90 persen lumpuhnya sebagian software aplikasi dan kerusakan data karena adanya virus. Dengan terpasangnya antivirus, maka data dalam laptop akan aman.


Untuk perawatan harddisk, sebulan sekali lakukan defrag terhadap harddisk. Tujuannya untuk menyusun kembali posisi file-file yang terpencar sehingga mempercepat sistem dalam mencari file. Kemudian gunakan scandisk untuk mengoreksi error yang ditemukan pada direktori dan File Allocation Table.


Usahakan pula membuat partisi harddisk lebih dari satu, misalnya dua atau tiga partisi. Hal ini berguna jika suatu saat, sistem operasi yang kita pakai mengalami error (rusak) yang biasanya tertampung dalam partisi C, maka dengan mudah tinggal memformat ulang sistem operasi tersebut, tanpa mengganggu keberadaan berbagai macam data yang biasanya tersimpan pada partisi lainnya, misalnya partisi D atau partisi E.
Info sebelumnya _______________________________________________________________________________________________


MENGATASI KOMPUTER RESTART PADA WINDOWS XP


Windows XP yang sering restart sendiri kadangkala disebabkan oleh virus yang menyerang system. Tetapi bisa juga disebabkan oleh hilang/rusaknya file kernel32.dll yaitu ditandai dengan windows langsung restart saat baru muncul logo windows berlatar belakang hitam sebelum masuk jendela welcome screen layar biru.

Masalah yang sama juga terjadi saat masuk ke safemode yang selalu restart dan gagal booting ke windows sehingga anda tidak bisa masuk ke dalam windows.Anda dapat mengembalikan file kernel32.dll yang hilang/rusak dengan menggunakan CD Windows XP,jalankan cara dibawah ini:
  1. Masukkan CD Windows XP kedalam CDRoom anda.
  2. Restart komputer dan booting dari CD Windows XP dengan memilih urutan boot prioritas pertama pada CdRoom
  3. Setelah masuk ke layar instalasi,tekan tombol [R] untuk menuju mode Recovery console
  4. Pilih lokasi instalasi Windows XP anda dan masukan password administrator
  5. Setelah muncul command prompt ketik :
  • cd system32 lalu
  • ren kernel32.dll kernel32.old lalu enter
  • expand D:\i386\kernel32.dl_ tekan enter lagi
  • exit.

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP